Tips Merawat Bulu Kucing


 Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa orang tertarik untuk memeliharanya Tips Merawat Bulu Kucing

Merawat bulu kucing itu susah-susah gampang. Susahnya terutama ketika kucing kita mempunyai bulu yang panjang.
Kucing persia, himalaya ataupun anggora memang sangat cantik, anggun dan elegan penampilannya. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa orang tertarik untuk memeliharanya. Bulunya yang panjang, lembut dan mengembang memang mengakibatkan tampilannya berbeda dari kucing “kampung” yang sering kita jumpai disekitar rumah. Namun kondisi tersebut hanya sanggup ditemui pada kucing bulu panjang yang terawat baik. Kucing bulu panjang yang tidak terawat sanggup tampak lebih dekil, kusam dan ‘menyeramkan’.

Beberapa hal yang patut diperhatikan dalam perawatan dan pemeliharaan kucing bulu panjang yaitu : 
  1. Menyisir bulu setiap hari. Ini bermanfaat untuk meluruhkan bulu-bulu mati sehingga tidak melekat dan nyangkut pada bulu yang masih hidup. Bulu mati yang tidak terbuang akan mengakibatkan bulu jadi kusut dan sanggup mengakibatkan gimbal. Selain itu bulu mati sanggup menyebabkan hairball, yaitu gumpalan bulu dalam jalan masuk pencernaan akhir bulu tertelan ketika aktivitas self grooming ( menjilat-jilat bulunya). Hairball sangat berbahaya apabila tidak sanggup dimuntahkan. Menyisir bulu juga memberi manfaat menyerupai memijat, sehingga merangsang  / memperlancar peredaran darah.
  2. Menyisir berlawanan arah pertumbuhan bulu. Sisir bulu mulai dari tengkuk kearah depan sedikit-demi sedikit hingga ujung ekor. Lakukan dengan pelan, lembut dan penuh perasaan sehingga kucing menikmati acara ini. Gunakan sisir khusus terbuat dari materi logam dan gigi sisir yang agak rapat.
  3. Lap muka dan permukaan bulu semoga kotoran yang ada terangkat. Lakukan hal ini sebelum disisir. Gunakan lap lembut yang lembab (washlap atau kanebo ).
  4. Mandi dengan shampoo khusus untuk kucing setiap 2 ahad sekali. Lakukan acara ini ketika masih pagi dan cuaca cukup cerah  ( kucing dalam kondisi fit ) sehingga kucing tidak kedinginan dan bulu cepat kering. Keringkan dengan baik semoga kulit tidak lembab. Kondisi kulit lembab akan merangsang pertumbuhan jamur . Apabila sebelum 2 ahad kucing tampak kotor. Cukup dibersihkan dengan air hangat dan lap tanpa memakai shampoo. Aktivitas mandi yang terlalu sering berdampak jelek pada penampilan bulu dan kesehatan kulit jangka panjang, alasannya yaitu akan merusak lapisan lemak pada bulu dan kulit.
Gizi yang baik akan sangat menunjang penampilan dan kesehatan kulit. Berikan cat food yang memberi manfaat tambahan untuk bulu panjang. Atau tambahkan aksesori untuk menunjang penampilan dan pertumbuhan bulu kucing yang lebih baik. (Drh. Amir Mahmud)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter