Mengenal Berang-Berang, Binatang Pengerat Terbesar Mencapai 60 Kg

Kehidupan alam dunia air mempunyai ragam makhluk hidup yang mungkin jarang terdengar masyarakat. Salah satunya berang-berang yang punya berat tubuh lebih dari 60 kg, mereka binatang pengerat terbesar di Amerika Utara. Berang-berang mempunyai kaki belakang berselaput dan ekor besar yang rata serta hampir tidak terdapat bulu.


Fungsi dari ekor tersebut ketika berada di air sanggup berkhasiat menjaga keseimbangan tubuhnya ketika menggerogoti pohon. Kegunaan ekor lainnya dalam situasi berbahaya untuk dirinya, hempasan ekornya ke air sering digunakan memperingatkan predator.

Anatomi kaki depan dengan kaki belakang mereka berbeda, kaki depan yang lebih pendek terdapat cakar. Sepanjang berada di bawah air, ia sanggup menutup hidung dan indera pendengaran serta mata dengan selaput khusus.

Ciri Berang-berang


Tampilan binatang pengerat terbesar berang-berang cenderung berwarna kecoklatan gelap pada punggungnya dan samping. Dengan pertolongan bulu coklat muda di dada dan perut, mempunyai kelebihan tahan air alasannya ialah dilapisi castoreum. Hewan pengerat terbesar ini bisa bertahan usang didalam air dan tetap hangat alasannya ialah mempunyai lapisan lemak tebal di bawah kulit.

Beberapa kebiasaan yang mereka lakukan ketika memotong pohon, kekuatan gigi seri yang panjang tajam dibagian atas dan bawah akan tumbuh sepanjang hidupnya.

Habibat asli


Berang-berang berada hampir di seluruh Amerika Utara, kecuali sebagian besar Florida, gurun Barat Daya, Meksiko tengah dan selatan, dan sebagian besar penggalan utara Alaska dan Kanada. Pada selesai 1800-an, berang-berang hampir sepenuhnya menghilang dari New Hampshire alasannya ialah banyaknya pemasangan perangkap. Sekitar tahun 1926- 1940, 54 berang-berang dilepaskan ke alam liar di sentra New Hampshire dan populasi mulai berkembang menyerupai ketika ini.

Berang-berang hidup di akrab sungai, kolam, danau kecil, dan rawa-rawa. Mereka membangun pondok berasal dari kayu atau lumpur di pulau-pulau, di tepi kolam, atau di tepi danau. Bangunan unik yang mereka buat sekilas menyerupai kubah dan bisa setinggi sepuluh kaki.

Kemampuan binatang pengerat terbesar berang-berang membangun tempat tinggal sebagian besar diperoleh dari insting alamiah, mereka akan membuat satu kamar besar sebagai sentra ruangan yang dilengkapi 1-2 pintu untuk keluar masuk. Karakteristik ruangan yang mereka buat terdapat ciri khas, yakni penggalan lantai ruangan mempunyai air yang tertutup dengan kayu untuk menyerap kelembaban. Sebuah lubang angin di pondok untuk menjaga sirkulasi udara segar sanggup berpindah. Keterampilan membangun tempat tinggal ini, tidak semua berang-berang bisa membangunnya dan sebagian dari mereka membangun liang di tepi sungai.

Makanan pokok

Sebagian besar makanan berang-berang terdiri dari kulit pohon dan kambium yang mempunyai jaringan lunak tumbuh di bawah kulit pohon. Jenis pohon yang disukai mereka ketika ada beberapa jenis pohon, cenderung mendatangi kulit pohon willow, maple, birch, aspen, cottonwood, beech, poplar, dan pohon alder. Berang-berang juga memakan akar, kuncup dan flora air lainnya dan terdapat sistem pencernaan khusus mencerna kulit pohon.

Kehidupan

Sepanjang pasangan mereka hidup, berang-berang selalu bersama pasangannya seumur hidup. Saat salah satu dari pasangan tersebut mati, pasangan yang ditinggalkan akan mencari pasangan lain. Hewan pengerat ukuran besar mempunyai masa kawin sesudah mencapai umur sekitar tiga tahun. Periode ini mulai berlangsung antara Januari-Maret dengan mempunyai tempat khusus di daerah yang bersuhu hambar atau November- Desember.

Berang-berang betina akan mengandung sekitar tiga bulan. Induk betina mempunyai kebiasaan khusus menyambut kelahiran anak bayinya dengan membuat ranjang empuk di pondok. Proses kelahiran yang terjadi pada bayi berang-berang, sesudah mata mereka sanggup melihat sudah berilmu berenang dalam waktu 24 jam. Pada masa ini, orang renta akan mengajak anaknya menjelajah tempat lain di luar pondok beberapa hari.

Berang-berang muda disapih sekitar dua ahad sesudah masa kelahiran namun sebagian besar dari mereka sanggup bersama dengan orang tuanya, antara 2 tahun. Diperkirakan masa hidup mereka bisa mencapai 20 tahun.

Kepribadian
Berang-berang hidup dalam kelompok keluarga atau koloni . Umumnya koloni terdiri dari berang-berang jantan dan betina yang sedang berkembang biak bersama keturunannya. Salah satu kepribadian yang dimilikinya, mereka perlindungan pada daerah dan berusaha melindungi pondok yang ditinggali semoga tidak digunakan berang-berang lainnya. Untuk mencirikan tempat tinggal yang mereka bangun, biasanya menandai wilayah dengan tumpukan lumpur dengan aroma spesifik.

Berang-berang sanggup mempunyai dampak kasatmata dan negatif terhadap lingkungan. Ketika berang-berang membangun bendungan, mereka membuat lingkungan berair gres untuk spesies lain. Lahan berair ini sanggup membantu memperlambat erosi, menaikkan muka air, dan membantu membersihkan air.

Hewan pengerat ini sanggup memainkan tugas utama dalam suksesi. Ketika binatang pengerat terbesar berang-berang meninggalkan pondok dan bendungan mereka, flora air mengambil alih kolam. Sehingga bermunculan semak dan flora lain dikawasan tersebut.

Umumnya daerah yang pernah ditinggali oleh mereka, sebagian menjelma daerah padang rumput yang basah. Semak-semak di padang rumput akan menawarkan keteduhan untuk bibit pohon tumbuh. Setelah pohon tumbuh, mereka akan mengambil alih, dan tanah akan menjelma daerah berhutan.

Sementara dampak lainnya sanggup menimbulkan masalah. Pembuatan bendungan yang mereka lakukan, maka sanggup memperlambat anutan air di sungai dan menimbulkan endapan lumpur. Hal ini akan memberi efek terhadap beberapa spesies lain ketika anutan air tidak berfungsi menyerupai awalnya. Tidak mengherankan jikalau spesies lain akan berpindah ke lokasi lain atau sanggup mengakibatkan banjir di daerah dataran rendah.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter