6 Ras Terkenal Anjing Jepang, Dari Yang Kecil Hingga Terbesar

Hewan berbulu berasal dari Jepang ternyata punya 6 ras terkenal dan sudah dikenal masyarakat lokal. Populasi mereka hidup sebagian besar di tempat Negeri Sakura atau Negeri Matahari Terbit dengan standar hidup cukup tinggi tersebut, menurunkan karakteristik yang hampir menyerupai antara satu dengan lainnya. Pecinta anjing yang mengenal tabiat menyerupai Spitz, Samoyed hingga Pomeranian sanggup menemukan bentuk yang hampir sama diantara 6 ras anjing orisinil Jepang ini.

Hewan berbulu berasal dari Jepang ternyata punya  6 Ras Populer Anjing Jepang, Dari yang Kecil hingga Terbesar


6 Anjing asal Jepang


Kesamaan bentuk tubuh hingga kepribadian yang dimiliki dalam ras anjing Jepang tersebut, mempunyai beberapa perbedaan yang bisa dilihat dengan jelas.

Setelah membaca perbedaan anjing ras asal Jepang berikut, Anda tak galau lagi mengungkapkan temperamen, ciri tubuhnya hingga kepribadian.

1. Ras Spitz anjing terkecil diantara 6 trah binatang berbulu asal Jepang


Anjing asal Jepang dengan tubuh terkecil diantara 6 ras ini, Spitz Jepang punya kemiripan muka menyerupai anjing Pomeranian. Mereka binatang berukuran mini sebagai peliharaan pendamping terbaik sebagai anggota keluarga.

Beda anjing Spitz Jepang dengan sepupu mereka, Pomeranian yaitu ukuran tubuhnya lebih besar. Ras Pomeranian kalau bangkit bersamaan mempunyai tubuh lebih kecil.

Anjing spitz Jepang rata-rata berukuran 13-16" (33-47 cm) dengan ciri khas mantel bulu yang panjang dan tebal.

Ciri spesifik anjing Spitz Jepang


  • Bentuk tubuh cenderung persegi dengan bidang dada dalam, indera pendengaran kecil berdiri
  • Pola mata besar berwarna hitam dengan ciri moncong menonjol, kontras dengan hidung hitam diantara warna bulu putih
  • Postur tubuh lebih besar dibanding Pomeranian, mereka umumnya tiba dengan ketinggian 25-47 cm
  • Perkiraan rentang usia mereka 10-16 tahun
  • Sifat umum mereka yaitu anjing yang aktif dan menyenangkan. Salah satu kelebihan mereka yaitu loyalitas yang tinggi dan bisa menggonggong terhadap orang asing.
  • Kemampuan anjing Spitz Jepang sangat baik terhadap suhu hambar daripada suhu panas
  • Secara keseluruhan binatang peliharaan tersebut menyukai suhu di dalam rumah dan memerlukan waktu yang cukup untuk bermain menyalurkan rasa kebosanan.


Cara merawat anjing Spitz Jepang semoga tetap sehat yaitu perhatian yang diberikan majikan terhadapnya.

Selain pakan masakan nutrisi tinggi yang seimbang, binatang peliharaan ini membutuhkan perhatian untuk bersama sehingga tidak cocok ditinggal sendirian. Perilaku jelek yang bisa terjadi pada mereka ketika bosan dan ditinggal dalam waktu lama, gampang memicu kebiasaan menggonggong dan kemungkinan destruktif terhadap sesuatu yang dipilih sebagai pelampiasan.

Secara keseluruhan anjing Spitz jenis binatang yang menyenangkan, setia pada majikan, waspada terhadap hal abnormal dan gampang bersosialisasi serta dilatih trik tertentu.

2. Anjing Kai Ken


Anjing asal Jepang kedua yaitu Kai Ken yang dikenal mempunyai sifat pemburu dan salah satu binatang yang langka, bahkan di tempat asalnya sendiri.

Anjing ukuran sedang yang bisa dijumpai di sekitar pegunungan Jepang tersebut, rata-rata tubuhnya mempunyai ketinggian sekitar 18-22 inci dan berat tubuh 22-55 pound.

Beberapa karakteristik yang dimiliki mereka, jenis anjing ini cenderung kurang berdikari diantara 6 anjing asal Jepang yang lain.

Kelebihan anjing Kai Ken yaitu gampang dilatih sebab tingkat kecerdasan mereka sangat baik dari ras lainnya.

Kehidupan mereka yang dikenal aktif dan menyenangkan, binatang berbulu ini sering menemani majikan dalam acara mendaki gunung dengan kemampuan lain, yakni bisa berenang dengan baik.

3. Anjing Hokkaido Inu


Ras Hokkaido Inu jenis anjing pekerja yang mempunyai berat tubuh antara 44-66 kg dan tinggi ketika bangkit sekitar 20 inci. Mereka termasuk binatang yang sering membantu masyarakat sekitarnya dalam berburu babi hutan atau mendeteksi kehadiran beruang pada waktu lampau.

Karakteristik anjing Hokkaido tidak kenal takut dan pemberani untuk melindungi anggota keluarga dari bahaya. Mereka termasuk binatang yang punya tingkat kewaspadaan tinggi terhadap hal asing. Jenis anjing ini sanggup bersikap tidak ramah dengan orang abnormal sebab sifat alamiah mereka berusaha melindungi anggota keluarga.

Cara mengantisipasi kebiasaan mereka yang waspada tersebut, binatang berbulu ini butuh latihan dan sosialisasi dengan lingkungan.

Ciri spesifik anjing Hokkaido


  • jenis anjing langka, khususnya di luar Jepang
  • ukuran tubuh sedang berkisaran 44-66 kg dan tinggi 20 inci
  • kelompok anjing pekerja yang mempunyai mantel ganda dengan ciri panjang dan lebih padat diantara 6 ras Jepang yang lain
  • Warna mantel bulu putih, merah, hitam, keabuan atau campuran
  • Sifat umum sangat lincah bermain dalam kategori ketangkasan dan kepatuhan
  • Sebagian kepribadian mereka butuh cara penyaluran energi untuk menghindari munculnya kebiasaan bosan.


4. Akita Inu


Ras Akita inu yaitu anjing yang terkenal dan sudah didokumentasikan pada film dongeng positif berjudul "Hachi". Kisah kesetiaan seekor anjing sepanjang hidupnya menunggu tuan kembali bekerja, erat stasiun kereta api Shibuya. Legenda Hachiko yang terus dikenang sebagai anjing setia, terus menunggu selama 9 tahun hingga maut menjemputnya.

Ras Akita mempunyai dua jenis terkenal ketika ini, yakni Akita Amerika dengan fisik yang lebih kokoh dengan struktur tulang lebih padat dibanding Akita berasal dari Jepang yang cenderung berkarakter Spitz.

Salah satu kelebihan yang dimiliki ras Akita sebagai binatang peliharaan dengan kepribadian mereka bersifat melindungi anggota keluarga atau sosok yang disayangi, Akita mayoritas disebut anjing pelindung dan penjaga sehingga memerlukan sosialisasi yang baik berupa training profesional untuk mereka.

5. Shiba Inu


Ciri-ciri anjing Shiba Inu termasuk kelompok trah binatang kecil yang sudah ada semenjak jaman masyarakat kuno. Dari beberapa ras binatang peliharaan orisinil Jepang tersebut, Shiba Inu termasuk anjing terkenal yang mempunyai tinggi tubuh rata-rata 35 cm hingga 45 cm.

Sebagai anjing yang paling primitif dan paling tua, Shiba Inu termasuk binatang yang tiba dari persilangan antar Shiba Inu asal Shinshi dan Shiba berasal San-In.


6. Tosa Inu


Nama ras anjing Tosa Inu masih tergolong sedikit dijadikan binatang peliharaan masyarakat. Salah satu alasan tersebut, trah Tosa Inu termasuk anjing bertubuh besar yang menyerupai mirip anjing Mastiff.

Tosa Inu jenis anjing berkarakter petarung yang tidak kenal takut yang cenderung pendiam dan bersikap waspada tinggi, khususnya terhadap orang asing.

Calon majikan yang ingin memelihara jenis anjing ini harus berpengalaman dalam cara merawat, berinteraksi dan dilatih secara benar semoga tidak merepotkan Anda.




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter