Perawatan Anjing Kintamani, Dari Makanan Sampai Latihan

Nama anjing Kintamani (AKB) mulai meningkat dan diminati masyarakat Indonesia sehabis menerima akreditasi dunia internasional. AKB awalnya sudah dipelihara oleh masyarakat Bali sebagai binatang penjaga di rumah dan lingkungan sekitar, ternyata cara perawatan untuk mereka tidak terlalu sulit dibandingkan ras anjing murni alasannya yaitu perlu spesifikasi masakan standar menjaga kesehatan yang dibutuhkan.
 mulai meningkat dan diminati masyarakat Indonesia sehabis menerima akreditasi dunia intern Perawatan Anjing Kintamani, Dari Makanan Hingga Latihan

Profil
Ras AKB jenis anjing yang banyak ditemukan di daerah pegunungan Kintamani, desa Sukawana, Bali. Beberapa dokumen bersejarah yang menuliskan dongeng binatang peliharaan dalam versi tradisional contohnya Lontar Bali yang dinilai berkaitan dengan binatang dalam masyarakat kuno.

Dikenal dengan wataknya yang pemberani selain bentuk tubuh mereka ideal sampai gampang dikenali habitatnya ditengah masyarakat. Dari standar umum yang dicatat mengungkapkan, mereka mempunyai spesifikasi tinggi badan, pigmentasi kulit, bentuk kaki, ekor, mata hidung dan kepala yang sama persis dijadikan ajaran dasar untuk membedakannya.
Ciri-ciri umum
Dikutip dalam spesifikasi Federation Cynologique Internationale (FCI) yang menuliskan ciri wacana mereka menjelaskan, binatang peliharaan tersebut masuk golongan anjing pekerja yang bertubuh sedang. Tampilan warna mantel bulu AKB yang bervariasi dengan cokelat, hitam dan putih, dalam perjalanan mereka dilingkungan peternak ras murni, sebagian besar lebih menentukan standarisasi putih menjadi warna favorit.

Hewan peliharaan AKB mempunyai ciri umum sebagai anjing pekerja alasannya yaitu bentuk tubuhnya seimbang yang didukung otot dan tulang yang kuat. Ia mempunyai beberapa kesamaan dengan ras anjing lain ibarat Chow-chow, basenji, dan Samoyed sehingga masuk kriteria anjing spitz tipe primitif (group V) oleh FCI.

Informasi anjing Kintamani
 mulai meningkat dan diminati masyarakat Indonesia sehabis menerima akreditasi dunia intern Perawatan Anjing Kintamani, Dari Makanan Hingga Latihan

  • Asal Bali, Indonesia
  • atas kepala lebar
  • pipi dan dahi rata
  • bermoncong panjang
  • bentuk gigi berpola menggunting
  • warna bibir cenderung hitam atau cokelat
  • telinga tegak melebar dengan tumpuan "V" berjarak cukup lebar
  • bentuk mata ibarat almond kecokelatan
  • alis mata putih
  • warna mantel bulu putih, cokelat dan hitam
  • tinggi rata-rata 40-55 cm
  • Umur rata-rata 12-15 tahun
  • Karakter umum waspada, mandiri, ramah dengan anggota keluarga, gesit, setia, kurang ramah dengan anjing abnormal jikalau masuk teritorial yang dijaga, bahagia menggaruk tanah, tubuh lentur.

Cara merawat anjing Kintamani

 mulai meningkat dan diminati masyarakat Indonesia sehabis menerima akreditasi dunia intern Perawatan Anjing Kintamani, Dari Makanan Hingga Latihan
Kredit balipost.com

AKB termasuk ras anjing yang mempunyai tumpuan hidup berdikari dan terbiasa tinggal di daerah tinggi ibarat pegunungan, tempat asal mereka daerah Sukawana, Bali. Dalam kehidupan harian binatang peliharaan tersebut, cara merawat anjing kintamani agak berbeda dengan ras murni yang cenderung hening di dalam rumah.

Sebagian besar ras anjing murni rumahan yang tidak mempunyai huruf di alam bebas, Cara merawat anjing umumnya interaksi dilakukan melalui olahraga dan bermain dengannya. AKB sebagian besar mempunyai tumpuan di luar rumah, ibarat halaman sehingga kurang baik jikalau di kegiatan harian mereka pasif tidak bergerak. Seekor anjing yang sering dikurung dalam sangkar lebih dari 3-12 jam, sanggup mendorong mereka menjadi stres, hiperaktif, bergairah atau penakut dan beberapa kemungkinan sensitif untuk menggigit jikalau terusik.

Perawatan umum


Jenis anjing yang mempunyai keunggulan lebih alasannya yaitu cara merawat mereka lebih sederhana dan kebutuhan dalam masakan jarang merespon alergi alasannya yaitu sifat genetik alami mereka terbiasa hidup mandiri. Misalnya, jenis pakan yang diharapkan untuk perawatan harian mereka, binatang peliharaan ini tidak memerlukan spek masakan khusus sehingga sanggup mengonsumsi variasi yang direkomendasikan.

Misalnya jenis materi masakan ibarat nasi, ketela gampang dicerna mereka dengan menambahkan materi tambahan ibarat potongan daging, vitamin, protein dan nutrisi sebagai embel-embel penyeimbang.

Sepanjang kanal masakan dan minuman yang higienis dan sehat tersedia untuk mereka, AKB jarang sakit dan rewel menentukan pakan secara khusus.

Syarat memelihara anjing kintamani yang fundamental yaitu mencukupkan kebutuhan ibarat makanan, minuman, kebersihan kadang, dan interaksi sosial yang terpola baik. Namun sebagai anjing dengan bulu yang panjang dan sehat, mereka perlu berpantang mengonsumsi jenis masakan yang rentan menghilangkan kilau bulu dan yang bisa menyebabkan bulu rontok, ibarat pinjaman masakan bercampur ikan bahari dan pakan adonan mengandung kadar garam berlebihan.

Latihan yang dibutuhkan

 mulai meningkat dan diminati masyarakat Indonesia sehabis menerima akreditasi dunia intern Perawatan Anjing Kintamani, Dari Makanan Hingga Latihan
Kredit nurdayat.wordpress.com

Cara merawat ras anjing kintamani yang Anda beli di peternak ataupun yang diperoleh dari adopsi membutuhkan latihan dasar untuk memudahkan Anda merawat mereka. Hewan peliharaan ini perlu diajarkan menjaga kebersihan secara berdikari dengan training spesifik ibarat buang kotoran dan urin di tempat yang diinginkan pemilik.

Usia yang cocok melatih anjing kintamani sangat dianjurkan pada usia dini sebelum mereka beranjak remaja biar daya ingatnya sanggup berguru trik lain, jikalau diinginkan majikan.

Mengajarkan trik dan latihan lanjutan untuk dirinya, pada umumnya dilakukan sebagian peternak murni untuk kontes dan perlombaan hewan. Hasil juara yang diperoleh dalam kompetisi tersebut, selain meningkatkan nilai keyakinan masyarakat umum kemampuan peternak mendidik dan melatih ras, sehingga tidak dikenal sebagai penjual saja.

Nilai tambah lainnya ketika AKB tersebut masuk kategori pemenang, nilai indukan mereka cenderung meningkat yang berjalan selaras pada harga nominal.

Standar umum kontes 

  • standar dasar sesuai dengan kriteria ras kintamani
  • bentuk gigi rata dihentikan zigzag tak beraturan
  • telinga tegak
  • warna bulu cenderung putih
  • mantel bulu leher lebar jenis badong atau kumba
  • bagian kaki berpola bulu godeg yang lebar
  • ekor membentuk lengkungan 45 derajat
  • dan beberapa kriteria tambahan yang bisa ditambah oleh dewan juri.


Mengenali kebiasaan AKB 

Jika Anda ingin merawat AKB, mengenal lebih erat kebiasaan mereka cukup penting supaya tidak kaget ketika membeli di peternak atau mengadopsi mereka.

Menjadi salah satu ras binatang penjaga yang terkenal dengan sifatnya pemberani, tangkas dan waspada terhadap hal asing. Memberi latihan secara sempurna dan melaksanakan sosialisasi kepada anggota keluarga dan lingkungan sangat disarankan.

Cara merawat anjing Kintamani yaitu mengenali huruf binatang peliharaan ini, ia berkarakter loyal terhadap majikannya dan ras yang ramah dan gampang dirawat. Selain mempunyai warna mantel bulu putih, jenis warna lain ibarat hitam dan cokelat juga manis jikalau dirawat dengan benar. Kesehatan yang terjaga baik akan menciptakan warna bulunya mengkilap ketika di tempat yang banyak cahaya.

Jika telah merawat jenis Kintamani remaja dan ingin menambah ras anjing lain, mereka tidak bisa dicampur tanpa pengawasan. AKB sebagai anjing penjaga mempunyai huruf bertanggung jawab pada teritorial yang dimilikinya, sehingga bisa terjadi pertengkaran jikalau tidak dikenalkan pada minggu-minggu pertama sampai 1 bulan.

Keunikan lain dari kebiasaan AKB yaitu cara mereka menjelang kelahiran anaknya. Hewan peliharaan ini biasanya akan menggaruk tanah untuk dibentuk tempat perlindungan.




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter