Wajib Tau Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Wajib Tau Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo Wajib Tau Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo
Wajib Tau Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo


Inilah Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Si puss memang sangat menggemaskan ya? Polanya yang lucu dan aktif seringkali menimbulkan kesenangan, bahkan tak jarang mengundang tawa. Hal inilah yang menciptakan banyak orang menjatuhkan pilihan binatang peliharaan padanya.

Namun pernahkah Anda melihat si elok yang biasanya aktif tiba-tiba menjadi pendiam dan murung. Si kucing menjadi membisu tak bergerak, kemudian dikala berjalan terlihat tertatih dan pincang. Hmmm, kalau ini yang terjadi cobalah untuk mengingat kembali kegiatan terakhir yang ia lakukan lantaran bisa jadi binatang kesayangan Anda ini sedang mengalami kaki keseleo.
Hmmm, menyerupai apa sih gangguan ini dan bagaimana cara mengatasi kaki kucing keseleo? Yuk, simak gosip selengkapnya berikut ini:

Apa sih keseleo pada kucing?
Keseleo merupakan stress berat yang terjadi pada jaringan lunak di area otot maupun persendian. Kejadian ini bisa terjadi lantaran beberapa hal, mulai dari jatuh dari ketinggian, terinjak, atau bahkan tertindas. Keseleo berbeda dengan patah tulang lantaran pada insiden ini sang kucing masih bisa bergerak meski dengan langkah tertatih.

Terdapat tiga tingkatan keseleo pada kucing yang mungkin terjadi, antara lain:
  1. Grade 1 yang mana hanya sebagian kecil ligament yang sobek. Ligamen masih tersambung dengan tulang dan berfungsi dengan baik. Keseleo jenis ini umumnya terlihat dengan timbulnya pembengkakan dan rasa sakit.
  2. Grade 2 yang mana ligament sobek sebagian dan menegang. Ligamen masih tersambung dnegan tulang, namun kehilangan kekuatan untuk berfungsi secara normal. Keseleo ini terlihat dari munculnya bengkak, sakit, dan kesulitan bergerak.
  3. Grade 3 yang mana ligamen sobek dan tidak tersambung dengan tulang. Keseleo jenis ini merupakan yang paling parah.
Seperti apa ciri-ciri kucing keseleo?
Sebelum mengetahui cara mengatasi kaki kucing keseleo, ada baiknya mengetahui ciri kucing keseleo. Tanda yang paling terlihat pada kondisi ini ialah ketidakmampuan berjalan pada si puss. Umumnya, hal ini diikuti dengan kucing yang sedih tiba-tiba dan kehilangan nafsu makan. Kaki kucing Anda mungkin juga mengalami pembengkakan.

Kucing menyerupai apa yang beresiko keseleo?
Sebenarnya semua kucing mempunyai potensi keseleo, namun resiko ini lebih besar apabila kucing masih berusia sangat muda dan aktif yang menimbulkan terjadinya kecelakaan. Kucing yang mengalami obesitas juga mungkin mengalami keseleo lantaran tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh.

Bagaimana cara mengobati kaki kucing keseleo?
Terdapat beberapa langkah cara mengobati kaki kucing keseleo yang bisa diaplikasikan, antara lain:

  1. Pastikan kucing tetap mau makan dan minum. Hal ini penting dilakukan lantaran umumnya si puss kehilangan nafsu makan lantaran menahan rasa sakit.
  2. Tempatkan kucing di sangkar hangat untuk mengurangi aktivitasnhya bergerak
  3. Anda bisa menciptakan ramuan yang terdri atas adonan parutan jahe dan sereh. Kemudian, balurkan ke belahan kaki yang keseleo kemudian bungkus memakai kain bersih
  4. Anda bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan menambahkan kuliner berprotein tinggi
  5. Kompres belahan yang sakit memakai kain yang telah direndam air hangat. Ingat, jangan memijat kaki kucing sembarangan
  6. Tunggu selama 3-7 hari maka kondisi kucing akan berangsur membaik
Anda sebaiknya bersiap membawanya ke dokter apabila kondisi kaki tidak membaik dalam kurun waktu tersebut. Dokter akan eksklusif melaksanakan pengecekan fisik untuk mengetahui kondisi si manis. Anda mungkin harus membawa si elok melaksanakan investigasi X-ray kalau diharapkan sebelum mendapat tindakan yang tepat.
Baca Juga: Penting! Cara Memilih Makanan Kucing
Anda tidak perlu khawatir lantaran beberapa cara mengobati kaki kucing keseleo tersebut umumnya cukup ampuh. Satu kunci untuk mengobatinya ialah tetap hening sehingga Anda tidak gegabah memperlihatkan pertolongan. Semoga si puss cepat sembuh ya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter