Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan Dengan 15 Tips Tepat

Makhluk hidup di seluruh bumi sebagian besar mempertahankan keberadaan dan habitat mereka dengan banyak sekali cara supaya selalu baik. Selain menemukan daerah tinggal yang kondusif dan nyaman untuk dihuni, kebutuhan dasar lainnya menyerupai sandang dan pangan diharapkan setia harinya.

Sama halnya terhadap anjing hidup bebas maupun di pelihara manusia, kuliner menjadi kebutuhan penting yang diperlukan. Selain menjadi sumber kalori dari karbohidrat kuliner yang dikonsumsi, kebutuhan lain menyerupai vitamin, mineral, nutrisi menunjang acara harian mereka.

(Kredit dakotasden.wordpress.com)


Bagi pemilik binatang peliharaan, ketika memelihara anjing yang tiba-tiba menjadi susah makan sanggup menjadikan banyak pertanyaan.

Ketika anjing menjadi tidak bersemangat mengonsumsi pakan berbentuk dog food maupun kuliner kombinasi lainnya, sebelum menilai mereka sakit, ada beberapa cara mengatasi anjing tidak mau makan dengan 15 tips tepat.

Mencari sumber penyebab anjing tidak mau makan


Hal yang pertama perlu dilakukan ketika Anda merasa anjing tidak mau makan, selain mengetahui cara mengatasi anjing tidak mau makan menjadi mau makan, maka penyebab yang menjadi sumbernya perlu diketahui juga.

Sepanjang penyebab binatang peliharaan tidak ditemukan secara niscaya dan Anda berhasil menciptakan mereka mau makan dengan 15 tips tepat, ketika anjing terpicu faktor penyebab tidak mau makan lagi, maka akan terulang lagi.

Anjing yang susah diberikan makanan, walau pakan tersebut yakni jenis kesukaan mereka ketika sehat, ketika selera makan menurun akan menjadi tidak menarik lagi.

Selain itu binatang peliharaan menyerupai anjing yang tidak dirawat dengan baik melalui makanan, perlahan sanggup menciptakan mereka kekurangan karbohidrat, vitamin dan nutrisi penting dan mengakibatkan malnutrisi.

Dengan mengetahui cara mengatasi anjing tidak mau makan berikut, diharapkan sanggup menciptakan mereka kembali normal menyerupai semua.

Kemungkinan anjing tidak mau makan sanggup disebabkan :

- sakit, abses yang timbul dari bakteri, virus dan kuman pada binatang sehat merupakan hal umum menciptakan mereka menjadi malas makan.
Selain itu efek sakit menyerupai sakit pada kanal pencernaan mempunyai efek paling besar.

Untuk memastikan kesehatan anjing yang diduga sakit, langkah yang sempurna yakni membawa mereka berkunjung ke rumah sakit, supaya diperiksa dokter binatang untuk mendapatkan pengobatan.

Anjing yang sedang sakit sebagian besar menawarkan tanda-tanda lain yang sanggup Anda perhatikan, contohnya menjadi tidak bersemangat bergerak, buang air mencret dan diare, dan tanda-tanda lain.

- efek lingkungan menyerupai udara, perpindahan rumah, suasana berisik, banyak orang mondar-mandir, dsb.


Anjing Tidak Mau Makan, Coba Mengatasinya dengan 15 Cara Berikut:


1. Membawanya ke dokter hewan

Membawa anjing yang tidak mau makan ke dokter binatang yakni langkah yang paling sempurna jikalau perubahan sikap menolak makan terasa mendadak.

Umumnya dokter binatang yang ada di Puskeswan, klinik atau Rumah Sakit Hewan akan menanyakan beberapa hal, menyerupai pakan kuliner yang diberikan, bagaimana keadaan poop terakhirnya, sampai kemungkinan terdapatnya muntahan atau kemungkinan materi cairan untuk rumah tangga.

Bahan kimia yang sering digunakan untuk membersihkan lantai dan produk sejenisnya, jikalau tidak disimpan dengan rapi sanggup mengakibatkan resiko terjilat atau terminum anjing secara tidak sengaja.

2. Kemungkinan Anda membawa binatang lain

Anjing mempunyai emosi yang sanggup diungkapkan kepada majikan. Misalnya mereka sanggup merasa senang, cemburu, takut dan perasaan lain memakai ekornya dan teladan tubuh dan wajah.

Jika Anda belum usang mengadopsi binatang lain, anjing punya cara mengatasi rasa tidak suka pada anjing lain, contohnya tidak mau makan.

Apalagi semenjak binatang peliharaan lain tersebut hadir, perhatian Anda menjadi berkurang maka menjadikan kecemburuan secara diam-diam.

Pemilik yang ingin membawa binatang lain dan tidak menginginkan mereka mogok makan, cara mengatasi anjing tidak mau makan yakni memperkenalkan, mensosialisasikan dan perhatian untuk mereka tidak berkurang.

3. Pindah rumah

Perpindahan daerah tinggal menyerupai rumah tidak hanya menciptakan repot manusia, anjing ternyata mengalami hal yang sama.

Beberapa ras anjing yang pemalu atau mempunyai sobat di rumah yang lama, kemungkinan akan kaget atau kangen dengan sobat lamanya sesudah pindah rumah.

Umumnya, cara mengatasi anjing tidak mau makan tanggapan perpindahan daerah tinggal dengan mengajak mereka berinteraksi mengenal lingkungan barunya, sehingga mereka merasa nyaman dan kondusif di daerah baru.

Pada waktu tertentu jikalau rumah usang tidak terlalu jauh dan mempunyai waktu mengajak anjing jalan-jalan, sesekali kunjungan ke rumah usang sanggup dilakukan juga.

4. Gara-gara makanan

Anjing sanggup menjadi tidak mau makan lantaran urusan yang mungkin Anda anggap sepele, contohnya mengganti pakan atau jenis kuliner yang disukainya tanpa sosialisasi atau pengenalan bertahap.

Pakan kuliner anjing sejenis dog food memakai merek tertentu, sanggup menjadi habis sementara Anda belum sempat membelinya di petshop, supermarket binatang dan supplier lantaran sibuk.

Cara mengatasi anjing menolak makan tanggapan pergantian pakan tersebut dengan memperkenalkan semenjak awal rasa, bentuk, tekstur dan lainnya kepada mereka.

Umumnya dog food untuk anjing selama dibeli dari merek dan produk supplier khusus binatang peliharaan, tergolong 2 serpihan yakni jenis kering dan basah.

Jika anjing semenjak awal terbiasa makan jenis dog food basah, kemungkinan besar agak sulit mendapatkan kuliner dog food kering lantaran perbedaan rasa daging dan penguatan rasa lainnya.

5. Kecapean

Cara mengatasi anjing sulit makan yakni menjaga kondisi kesehatan mereka tetap prima. Biasanya beberapa jenis anjing tertentu ketika kecapean dan lelah, sering menjadi tidak mau makan.

Membawa anjing bepergian jauh ke daerah lain, selain menguras stamina mereka harus berdiam sepanjang perjalanan, juga menciptakan bosan. Faktor lainnya menyerupai kecapean menjadi penyebab lain sehingga mereka tidak mau makan.

6. Jadwal makan sembarangan

Cara merawat anjing yang baik tidak sekedar memberi mereka pakan kuliner berkualitas tinggi. Namun pengaturan acara kuliner secara rutin perlu diperhatikan supaya mereka tidak kebingungan, kapan jam makan seharusnya.

Majikan yang mempunyai kebiasaan memberi kuliner sembarangan tanpa memperhatikan jadwal, selain menciptakan mereka galau kemungkinan lain sanggup mengakibatkan kesehatannya menurun jikalau aktivitasnya lebih padat.

Cara mengatasi anjing tidak mau makan tanggapan acara tidak teratur sebaiknya dibuatkan jam yang terbagi 2-3 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan dosis pakan kuliner yang sesuai untuk anjing Anda, konsultasikan dengan dokter binatang lantaran jenis anjing mempunyai perbedaan pada usia,umur dan riwayat kesehatan.

7. Ada yang mengubah daerah kuliner mereka

Salah satu keunikan yang dimiliki binatang peliharaan rumah yakni hidup teratur. Mereka berguru mengenali dimana daerah makan, daerah minum, daerah tidur dan kotak buang kotoran ketika dilatih dengan baik.

Pada umumnya, anjing sanggup menjadi susah dan sulit makan jikalau daerah semua sanggup dijangkaunya, tiba-tiba berpindah menyulitkan.

Selain perubahan lokasi daerah makanan, ketinggian peletakan mempengaruhi mereka untuk makan lantaran susah di jangkau.

Perilaku lain menciptakan anjing malas makan yakni kondisi daerah yang makin kotor lantaran mulai jarang dibersihkan pemiliknya.

8. Anjing jarang olahraga

Olahraga selain menciptakan tubuh menjadi lebih sehat lantaran melibatkan seluruh organ tubuh ikut aktif dan tidak pasif.

Seekor anjing yang terbiasa hidup memakai teladan aktif, khususnya anjing ukuran besar menyerupai husky, herder dan anjing penjaga lainnya, ketika jarang berolahraga sanggup menciptakan mereka menjadi berkurang nafsu makannya.

Rutinitas olahraga bagi anjing sangat perlu untuk menyalurkan energi sekaligus menghilangkan stres dan bosan.

Anjing yang sedang stres dan bosan, tidak hanya menjadi malas makan, mereka sanggup berperilaku jelek dan agresif.

9. Variasi makanan

Manusia mempunyai sifat yang bosan jikalau sepanjang hidupnya hanya makan itu-itu saja. Anjing juga sanggup mencicipi hal yang sama, khususnya pakan kuliner yang diberikan sepanjang hidupnya tidak mempunyai variasi sama sekali.

10. Makanan hadiah

Selain kuliner utama untuk kebutuhan dasar mereka, anjing perlu kudapan dan kudapan sebagai selingan.

Ketika mereka dilatih dan berhasil melaksanakan arahan yang diinginkan, maka kudapan yang disukai sanggup mengguatkan sikap positif mereka.

Majikan yang merawat anjing sanggup menerapkan penguatan positif secara acak untuk mereka. Misalnya setiap 1 bulan sekali, sesudah mereka makan sesuai acara dan berperilaku baik, memberi hadiah kuliner dan pujian.

11. Anjing butuh pujian

Pujian atas sikap yang baik ketika dilakukan oleh anjing, ternyata disukai mereka ketika diucapkan dengan sungguh-sungguh.

Dari kebanggaan untuk anjing sebagai interaksi dan bersosialisasi, sanggup digunakan cara mengatasi anjing sulit makan.

12. Aman ketika makan

Salah satu hal yang menciptakan anjing tidak mau makan yakni kemungkinan mereka tidak merasa kondusif dan nyaman. Misalnya lingkungan dengan kehadiran insan asing, binatang ukuran lebih besar, dan kondisi lainnya sanggup menciptakan selera makannya menurun.

Cara gampang mengatasi anjing susah makan tanggapan kondisi tersebut, majikan perlu mengisolasi mereka ketika makan supaya tidak merasa terganggu dengan insan absurd atau binatang lain.

Selain itu, anjing sanggup malas makan jikalau berada di daerah yang terlalu ramai orang absurd mondar mandir lantaran selalu waspada atau terlalu bising dan kotor.

13. Menjaga teladan makan menurut umur

Setiap periode umur anjing mempunyai kebutuhan yang tidak sama. Ketika usia mereka masih kecil yang perlu kuliner lebih banyak dengan pembagian acara skala kecil, jenis anjing remaja cenderung berkurang dan teladan derma jatah kuliner sanggup diberikan sekaligus.

Untuk mendapatkan acara derma kuliner yang sempurna menurut usia, jenis ras anjing dan faktor lain, tanyakan secara lengkap di peternak, petshop daerah Anda membeli anjing atau konsultasikan ke dokter hewan.

14. Menjadwalkan puasa

Anjing sanggup puasa makan untuk periode tertentu untuk menyehatkan kanal pencernaan dan membersihkan sisa racun dalam tubuhnya.

Sebelum Anda melaksanakan hal ini, konsultasikan ke dokter hewan, apa saja yang perlu dipersiapkan supaya selera makan anjing tetap terjaga dengan baik.

15. Suplemen rekomendasi dokter hewan

Tips ke 15 cara mengatasi anjing tidak mau makan yakni derma suplemen. Biasanya jenis vitamin yang direkomendasikan dokter binatang sanggup menambah selera makan mereka.

Cara merawat anjing membutuhkan perhatian lebih, selain menyediakan waktu bermain dan melatih binatang peliharaan. Saat kebiasaan sehari mereka berubah sehingga susah makan, maka pemilik perlu memeriksakan ke dokter binatang sekaligus mencari penyebab yang menjadi sumber selera makan menurun.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter